Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

Jenis-jenis Alat Bengkel Las Lengkap yang Harus Anda Miliki

16
04/2020
Kategori : jasa
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


Jenis-jenis Alat Bengkel Las Lengkap yang Harus Anda Miliki

Lasbali – Saat mendirikan bengkel las, pastinya Anda akan dihadapkan dengan beberapa komponen wajib yang harus dimiliki. Dengan menggunakan alat bengkel las lengkap, maka semua pekerjaan bisa dijalankan dengan baik, efektif dan lancar.

Pilihan Alat Bengkel Las Lengkap

Ada beberapa alat bengkel las lengkap yang wajib dimiliki saat Anda ingin menjalankan bisnis bengkel las. Ini juga berpengaruh dengan kinerja dan keamanan masing-masing. Berikut ulasan singkatnya:

1. Mesin las

Komponen utama yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu mesin las, ini digunakan sebagai perekat besi dengan besi lain. Untuk variasinya cukup beraneka ragam, baik itu las karbit ataupun las listrik. Jika digunakan di tempat kerja saja, bisa menggunakan las karbit.

Berbeda apabila Anda harus bekerja ke beberapa lokasi yang berpindah-pindah, maka las listrik bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih jika skala pekerjaan tidak terlalu banyak dan selesai dalam jangka waktu seminggu saja, begitupun sebaliknya.

2. Pron

Komponen pelindung badan yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada adalah pron. Ini merupakan alat pelindung badan yang harus dikenakan saat melakukan pengelasan. Komposisi bahannya terbuat dari kulit hewan sehingga cukup nyaman. Kegunaannya tentu saja melindungi diri dari percikan api saat pengelasan berlangsung.

Namun fenomena yang terjadi, hampir tidak ada orang menggunakannya. Dengan alasan api tersebut kurang berbahaya. Ini berbeda lagi jika Anda memperhatikan tingkat keselamatan dalam bekerja dalam jangka panjang.

3. Topeng Las

Komponen vital yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu topeng las. Kegunaan alat ini tentu saja untuk melindungi wajah dari percikan api, karena mata bisa menjadi merah ataupun bintul jika tidak menggunakan perlindungan sama sekali. Kebanyakan terbuat dari material terbuat dari besi untuk bagian mata dari kaca jernih.

Untuk pemakaiannya sendiri bisa diikat pada kepada ataupun dipegang dengan tangan. Jika ingin mendapatkannya pun tidaklah sulit, Anda bisa membeli di beberapa toko material ataupun di toko online terpercaya.

4. Masker

Komponen selanjutnya yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu masker. Asap las yang begitu menyengat pasti cukup mengganggu pernapasan. Oleh karena itu, penggunaan masker dinilai cukup efektif untuk meredamkannya. Karena, proses pembakaran yang dilakukan berbahaya untuk paru-paru.

Untuk tipe masker yang digunakan cukup bervariasi, bisa masket medis, masker karet ataupun masker kain. Gunakan dengan jenis paling nyaman dan tidak menganggu Anda saat mulai bekerja. Dengan begitu, kesehatan akan tetap terjaga.

5. Sarung Tangan Las

Komponen pelindung yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu sarung tangan. Sama halnya dengan topeng, sarung tangan juga melindungi bagian tubuh terhindar dari percikan api pengelasan. Akan cukup bahaya jika tidak menggunakannya, karena tangan akan terbakar dan lambat laun bisa mengelupas serta terdapat beberapa bercak merah.

Ada dua pilihan jenis sarung tangan, yakni pendek dan panjang. Untuk pendek hanya menutupi pergelangan tangan saja, berbeda dengan jenis panjang yang bisa menjangkau sampai siku penggunanya (lebih aman).

6. Magnet (Alat Siku)

Komponen penunjang yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu magnet las. Fungsi dari magnet las ini yaitu untuk membuat siku pada media yang dibuat. Bukan hanya siku saja, melainkan beberapa sudut dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Dengan menggunakannya, semua titik akan terjaga dan terpenuhi (sama rata).

Walaupun jarang digunakan beberapa orang, tidak ada salahnya Anda memiliki alat tersebut demi hasil yang lebih memuaskan. Dengan begitu, pelanggan akan puas dan kembali menggunakan jasa Anda. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau semua kalangan.

7. Genset

Komponen paling penting yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu Genset. Alat penghasil listrik ini merupakan hal yang harus ada, terlebih jika menggunakan kapasitas mesin las dengan daya besar. Salah satu penyebab utamanya yakni, terkadang beberapa rumah hanya memiliki kapasitas listrik 450 Watt saja.

Untuk ukuran dari genset ini sendiri juga beraneka ragam, jika pekerjaan tidak banyak bisa memilih dengan voltase terkecil. Dengan begitu, tidak akan kesulitan dalam pemindahan alat tersebut dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

8. Palu dan Sikat Terak

Komponen pelengkap yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu palu dan sikat terak. Alat bengkel las lengkap ini digunakan untuk menghilangkan kerak atapun hasil pengelasan. Untuk sikat biasanya dipakai saat proses penghalusan agar lebih terlihat halus. Namun, untuk pemakaiannya jangan terlalu keras karena bisa membuat permukaan tidak rata.

Untuk mendapatkannya juga tidaklah sulit, karena hampir setiap orang menggunakan palu untuk berbagai kepentingan lain. Alat ini, berbeda dengan sikat yang cenderung harus membelinya langsung di beberapa toko tertentu.

9. Tang Panas

Komponen ke 9 yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu tang panas. Tang panas bukan termasuk hal wajib yang harus dimiliki, akan tetapi dengan menggunakannya Anda bisa terhindar dari panas. Ini sangat cocok digunakan jika jam tebang cukup tinggi. Bila hanya melakukan pengelasan dalam skala kecil, biarkan beberapa saat agar dingin dengan sendirinya.

Sama halnya dengan tang biasa, namun memiliki cupit besar dan juga pegangan yang tahan dengan suhu tinggi. Perlu diperhatikan juga saat menggunakannya pegang dengan erat jangan sampai besi tersebut meleset dan jatuh kemana-mana.

10. Clamp Penjepit

Komponen selanjutnya yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu Clamp Penjepit. Jika tang digunakan untuk memegang benda panas, maka alat ini hanya digunakan untuk memperkuat jepitan objek agar tidak terlepas saat pengelasan. Dengan begitu, kesalahan bisa dihilangkan jika Anda memakainya. Bisa dikatakan jika menggunakannya lebih ringkas, mudah dan juga rapi.

Namun, perlu diperhatikan betul titik poin saat meletakkannya. Jika salah sedikit pun akan terjadi pergeseran yang tidak bisa dihindari. Bagi seorang ahli, kebanyakan tidak menggunakannya karena dinilai ribet dan memakan waktu lama.

11. Gerinda

Komponen selanjutnya yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu gerinda, Gerinda terkenal dengan kegunaannya untuk memotong besi dengan mudah dan cepat. Alat ini bisa dipegang tangan dan mudah dioperasikan. Walaupun begitu, Anda juga harus tetap berhati-hati saat menggunakannya.

Matanya yang tajam dan percikan api membuat pengguna harus ekstra berhati-hati saat pamakaian. Untungnya di atas piringan terdapat tutup untuk melindungi diri dari bahaya tersebut. Maka, jangan melepasnya saat melakukan beberapa pekerjaan dengan menggunakan alat ini.

12. Kompressor

Komponen terakhir yang masuk alat bengkel las lengkap yang harus ada yaitu kompressor. Bengkel las bukan hanya sekedar menyambung besi saja, melainkan juga melalukan tahapan lain. Seperti pengecatan kanopi, pagar, atap gavalum dan masih banyak lagi. Cara kerjanya yakni mengeluarkan udara untuk beberapa kepentingan lainnya.

Untuk pilihannya, Anda bisa menggunakan jenis listrik dengan ukuran kecil. Karena alat ini tidak sering digunakan. Berbeda dengan bengkel sepeda motor yang cenderung menggunakannya setiap saat dan dalam ukuran besar pula.

Komponen Pendukung di Luat Alat Kerja

Selain alat ada komponen pendukung yang harus ada, yaitu tempat bengkel itu sendiri. Usahakan lokasi luas dan juga terdapat sirkulasi udara dengan baik, tidak pengap dan cukup kering. Dengan begitu, peletakkan alat kerja tidak saling berdekatan.

Lampu juga merupakan komponen di luar alat yang harus ada, terlebih jika pekerjaan tersebut berlangsung di malam hari. Agar lebih praktis, gunakan lampu yang bisa diikat di kepala namun tingkat penerangan yang cukup tinggi.

Satu lagi peralatan yang harus ada yakni kabel panjang, ini digunakan agar bisa menjangkau beberapa lokasi jauh dari sumber listrik. Terlebih jika menggunakan beberapa alat secara bersamaan. Untuk ukurannya sendiri menyesuaikan dengan jaraknya.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Alat Las

Saat menggunakan beberapa alat bantu pengelasan, harus disertai dengan langkah tepat dan tindakan tertentu. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Jauhkan dari Bahan yang Mudah Terbakar

Sangat berbahaya jika Anda melakukan pengelasan berbedakatan dengan bahan yang mudah terbakat, terlebih bensin dan bahan bakar jenis lainnya. Sebab, terkadang sebagian orang menggunakan hal tersebut untuk membersihkan beberapa kotoran.

Oleh karena itu, sediakan kain basah yang cukup tebal di dekatnya. Ini untuk menanggulangi jika ada kemungkinan kebanyakaran bisa diredakan dengan secepat mungkin. Hal tersebut juga berlaku jika terdapat kertas ataupun benda lain.

2. Gunakan Peralatan Lengkap

Salah satu faktor yang kerap kali menyebabkan kecelakaan kerja yakni perlindungan diri tidak safety. Seperti contoh, tidak memakai pelindung kepala, tangan ataupun alat yang digunakan sudah udzur. Dengan kata lain, kelalaian Anda bisa menyebabkan kematian.

Salah satu alasan yang kerap kali didengar dari mereka yakni, pemakaiannya cukup ribet dan juga ruang gerak dibatasi. Bahkan, sebagian orang lebih nyaman menggunakan kaos oblong dan juga celana pendek saat bekerja di lapangan.

3. Jangan Melakukan Pengelasan Dekat Anak-anak

Anak-anak yang kurang paham akan bahaya dari pengelasan terkadang berlalu lalang di dekatnya. Hal yang membuat khawatir yakni mereka memegang beberapa perlengakapan yang bisa mencederai. Oleh karena itu, jika ada seorang anak lalu lalang maka berhentilah sejenak.

Kecerobohan saat melakukan pengelasan dapat menyebabkan resiko tinggi. Terlebih jika sedang malakukan pemasangan di sekolahan ataupun beberapa taman bermain lainnya. Terus berhati hati dan waspada.

4. Hindari Mengucek Mata Setelah Pengelasan

Setelah melakukan pengelasan pastikan Anda membersihkan tangan ataupun mandi dan jangan memegang mata ataupun lainnya. Ini karena zat yang terkandung dalam besi bisa menyebabkan iritasi pada mata dan sakit tak tertahankan.

Walaupun memakai sarung tangan saat mengelas, juga harus membersihkan dahulu. Setidaknya pakailah sabun atau deterjen agar kuman mati dan kebersihan tetap terjaga. Terbeih jika ingin makan-makanan dalam lokasi kerja.

5. Rutin Melakukan Perawatan Alat

Alat yang kerap dilakukan perawatan akan lebih awet, tidak mudah rusak, karatan dan juga kendor. Setidaknya lakukan pembersihan dalam dua bulan sekali. Apabila ada alat yang sudah beberapa kali rusak ataupun sudah tidak layak pakai, maka segera ganti dengan baru.

Pamakaian alat kurang layak pakai akan menyebabkan beberapa hal buruk, bisa konsleting listrik atau hal lain yang lebih berbahaya. Dalam hal ini, gerenda merupakan komponen nomor 1 yang harus diperhatikan.

Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pengelasan

Alat las bukan hanya digunakan dalam bengkel saja, namun pengapliasiannya bisa memberi kemudahan untuk semua kalangan. Bisa berupa pintu, tangga, ataupun pembuatan gerobak. Tidak heran jika semua hal tersebut cukup laris manis di pasaran.

Saat ini pembuatan rumah juga menggunakan jasa pengelasan, seperti halnya pemasangan kuda-kuda yang terbuat dari besi agar lebih kokoh. Terkadang, penganyaman cakar ayam juga menggunakan jasa dari tukang las.

Dalam dunia otomotif juga sering menggunakannya, sebagai contoh proses pemasangan pintu ataupun penyambungan beberapa kerusakan yang diakibatkan saat kecelakaan. Dalam rumah tangga, las juga digunakan untuk membenahan panci rusak ataupun berlubang.

Dengan mengetahui beberapa jenis dari alat bengkel las lengkap, Anda tidak akan kebingungan lagi saat ingin memulainya. Namun, persiapkan pula modal yang mencukupi untuk melakukan. Dan juga, pastikan skill sudah cukup mahir saat mengoperasikannya.

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?