Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya

23
04/2020
Kategori : Uncategorized
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya

Bengkel Las Bali – Cara membuat konstruksi baja ini memang bisa dilakukan dengan mudah karena keunggulannya yang mudah dimodifikasi. Selain itu, material ini juga menjadi sesuatu yang paling diminati untuk membangun sebuah bangunan.

Proses Konstruksi

Untuk membuat sebuah konstruksi baja Anda perlu memahami proses-proses yang tidak boleh terlewat ketika akan membangun rumah maupun gedung lainnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

1. Persiapan Material

Langkah pertama cara membuat konstruksi baja tentu dengan menyiapkan material-material yang dibutuhkan terutama baja. Pastikan saat memilihnya disesuaikan dengan spesifikasi, jenis dan ukuran yang akan digunakan nanti.

Supaya lebih mudah dan tidak ada yang terlewat sebaiknya Anda membuat list material. Hal tersebut akan lebih memudahkan selama proses pembangunan berjalan. Di sisi lain poin penting yang tak boleh terlupa adalah setiap bagian konstruksi memerlukan jenis baja yang berbeda.

2. Persiapan Plate

Langkah kedua cara membuat konstruksi baja adalah persiapan plate. Persiapan plate ini harus dilakukan dengan benar. Pasalnya bagian ini akan menjadi bagian dasar sebuah konstruksi dan dipakai untuk menyambung, simpul dan stifener. Caranya adalah dengan membuat ukuran dan tiitk lubang untuk baut presisi menggunakan alat ukur supaya lebih akurat.

Untuk membuat lubangnya tempat baut setelah diberi tanda tadi adalah dengan dibor. Ukuran yang dibuat pun juga harus disesuaikan dengan diameter baut. Misalnya saja 5 mm dan 16 mm untuk bagian utama.

3. Rafter dan Kolom

Langkah selanjutnya cara membuat konstruksi baja adalah Rafter dan Kolom. Di tahap ini merupakan langkah penyesuaian baja yang terdapat di pasaran dengan desain konstruksi yang ada. Dalam pembuatannya harus disesuaikan panjang bentangan serta tinggi yang ada kemudian dipotong sesuai ukuran.

Cara pemotongannya bisa menggunakan jangkar atau mal supaya lebih akurat dan presisi serta menghindari kesalahan sekecil apapun itu. Sebab, sedikit saja salah ukuran, maka konstruksi seterusnya juga pasti akan keliru bahkan mengalami kerugian dari segi finansial.

4. Settingan

Langkah keempat dalam cara membuat konstruksi baja adalah Settingan. Settingan merupakan tahap yang perlu dipesiapkan untuk mengatur konstruksi baja yang akan dipasang. Pada langkah ini yang perlu dilakukan adalah menyambung dan menyeting bagian-bagian tertentu supaya bentuk, ukuran dan jarak sesuai dengan desain kerja.

Hal yang perlu dipehatikan dan merupakan poin penting di tahap ini yaitu, saat pemasangan tidak boleh panjangnya sampai lebih atau bahkan kurang. Kemudian kemiringan sudut, dudukan plate, balok anak maupun gordeng tidak boleh ada.

5. Pengelasan

Langkah selanjutnya untuk cara membuat konstruksi baja setelah konstruksi baja tersebut disetting dan disusun sesuai dengan bentuknya adalah pengelasan. Dalam melakukan bagian ini juga terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan supaya material yang dilas menjadi terbentuk sempurna.

Diantaranya bagian yang akan dilas harus dibersihkan dari kotoran seperti debu dan sejenisnya. Kemudian ketebalan juga perlu disesuaikan dengan beban konstruksi yang akan digunakan. Setelah pengelasan selesai pun juga perlu dibersihkan serta dihaluskan supaya tidak miring.

6. Ereksi Baja 

Ereksi baja merupakan sebuah tahap untuk memasang konstruksi baja. Pada langkah ini terdapat 4 tugas utama yang harus diperhatikan, diantaranya adalah menetapkan pondasi supaya sesuai dan aman digunakan.

Selanjutnya adalah dengan meletakkannya sesuai posisi menggunakan crane. Kemudian struktur perlu diselaraskan untuk memastikan tingat dan kolom tegak lurus atau berjajar. Terakhir dengan melakukan bolting-up atau merapatkan semua sambungan baut.

7. Fitiing

Fitting atau penyambungan di atas rangka adalah cara untuk mengencangkan kerangka-kerangka yang telah tersusun. Rangka tersebut sebelumnya harus diangkat menggunakan crane atau katrol dengan posisi tepat pada baut sehingga bisa dikencangkan sampai rapat dengan kolom.

Setelah pemasangan pada tahap ini yang perlu dilakukan adalah mengikat ujung rafter menggunakan seling yang berukuran 12 mm. Kemudian bagian ujung ditarik ke bawah padestal, dan langkah ini dilakukan berulang hingga semua bagian sudah naik dan terpasang di atas kolom.

8. Penyelesaian

Tahap akhir pembuatan konstruksi baja adalah dilakukan pembersihan serta pengecatan dengan cat dasar dan vanishing. Hanya saja saat tahap pelapisan ini lebih baik dilakukan di tahap ereksi supaya lebih aman.

Maka, setelah proses ini konstruksi baja telah seleai dikerjakan. Selanjutnya adalah tinggal menyelesaikan proses pembangunan tahap akhir.

Demikianah tahap-tahap cara membuat konstruksi baja yang perlu Anda ketahui. Apalagi jika akan memulai sebuah proyek pembangunan. Untuk layanan pembuatan Konstruksi Baja Bali silakan Hubungi Kontraktor Lasbali

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?