Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

Fungsi Pagar Rumah yang Harus Anda Ketahui

16
04/2020
Kategori : jasa
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


Fungsi Pagar Rumah yang Harus Anda Ketahui

Lasbali.com – Akhir-akhir ini, pencurian merupakan kejahatan yang sering terjadi. Mereka memanfaatkan celah keamanan dari berbagai bangunan, sehingga tidak begitu takut mau beraksi ketika malam tiba atau bahkan siang hari. Oleh karenanya, fungsi pagar rumah memegang peranan penting di sini.

Fungsi Pagar yang Belum Diketahui Banyak Orang

Pagar menjadi salah satu elemen penting bagi sebuah bangunan, terlepas memiliki pekarangan atau tidak. Bentuknya yang mengitari rumah seolah memberi tanda kalau lingkungan di dalamnya merupakan milik pribadi. Bukan sembarang orang bisa masuk.

Bukan hal asing kalau melihat pagar dengan ukuran besar dan tinggi mengelilingi sebuah rumah. Pemiliknya pasti memikirkan banyak faktor di dalam hunian tersebut untuk dilindungi. Selain sebab tersebut, masih banyak fungsi lain di bawah ini yang harus Anda perhatikan.

Baca Juga : 3 Alasan Menggunakan Jasa Pembuatan Pagar Teralis Bali

1. Sebagai Pembatas

Rumah yang memiliki lahan terbatas biasanya jadi bahan percekcokan dengan tetangga karena mereka juga merasa bagian tersebut masih jadi miliknya. Untuk menghindari hal itu, salah satunya harus memasang pagar mengelilingi rumah serta pekarangan.

Orang jaman dulu memakai tumbuhan berduri untuk memberi tanda pada tetangganya bahwa pekarangan tersebut milik mereka. Sekarang, pagar lebih ditekankan dalam fungsi tersebut sehingga batasan properti masing-masing terlihat jelas. Tidak ada lagi yang menembusnya.

Kalau dibuat sebagai pembatas saja, biasanya tidak mengambil ukuran terlalu tinggi. Hanya sebatas dada atau pusar karena fungsinya sederhana. Bahkan beberapa daerah di luar negeri memberi batasan sampai bawah lutut sehingga orang lain masih bisa melangkah masuk.

Baca Juga : Panduan Menentukan Pondasi Konstruksi Baja

2. Sebagai Pelindung

Seperti yang telah disinggung diatas, fungsi pagar rumah untuk melindungi harta benda di dalamnya. Tingkat keamanan rumah dengan pembatas tersebut jadi lebih aman daripada tidak diberi sama sekali. Seolah mengizinkan pencuri masuk begitu saja.

Ukuran pagar yang berfungsi sebagai pelindung seperti ini biasanya lebih besar dan tinggi. Kurang lebih dua kali ukuran orang dewasa. Motifnya tidak dibuat macam-macam, mungkin hanya batangan besi lurus dan rapat agar para pencuri gagal memanjat.

Ada pula yang memberi gembok bermacam-macam, dengan harapan mereka yang berusaha mencuri tidak bisa membobolnya ketika gagal memanjat. Kalau sudah begitu, bukan hanya pencuri namun rumah juga terlindungi dari serangan hewan buas.

Baca Juga : Mengenal Konstruksi Baja Rumah Terbaik

3. Sebagai Penghalang Pandangan

Privasi menjadi hal paling sering diperbincangkan akhir-akhir ini karena banyak orang mulai melanggarnya. Seperti tiba-tiba memotret warga lain yang tengah bersantai dalam rumah atau lainnya. Itulah kenapa pagar juga menjadi salah satu alat pelindungan pandangan dari luar.

Fungsi pagar rumah yang satu ini mungkin terkesan sepele, namun nyatanya penting agar setiap kegiatan di dalam hunian Anda tidak bisa diintai orang begitu saja. Untuk menghindari hal itu, biasanya para pemilik rumah memberi pelapis berupa lembaran vinyl pvc atau papan kayu.

Selain itu, ada pula yang sengaja membangun tembok dengan tinggi bervariasi layaknya benteng. Setidaknya mampu menutupi seluruh kegiatan dalam rumah. Dengan pagar permanen seperti ini, privasi pemilik rumah bisa terjaga dari keingin tahuan orang luar.

Baca Juga : 7 Desain Pintu Pagar Minimalis Terbaru

4. Sebagai Penghalang Konstruksi

Terkadang ketika terdapat konstruksi di jalanan depan rumah atau tetangga Anda tengah membangun sesuatu, pasti pihak mereka akan memberi pagar sementara di bangunan-bangunan sekitarnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada dampak serius nantinya.

Biasanya, pagar sementara hanya berupa lembaran seng atau papan kayu tebal dengan warna agak mencolok yang ditancapkan mengelilingi lingkungan terdampak. Setelah pembangunan tersebut selesai, maka bagian itu bisa dilepas kembali.

5. Sebagai Estetika Rumah

Selain sebagai perlindungan dari segala hal di atas, fungsi pagar rumah juga sebagai penambah kesan estetik dari bangunan tersebut. Sebagai gerbang utama, setidaknya bagian depan harus terlihat bagus.

Pemilik biasanya memberi banyak ornamen menarik pada sekitar pagar dan gerbang depan seperti ukiran berbentuk bunga, dedaunan, tali-tali, sulur, bahkan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan kepribadian atau identitas pemilik.

Pemilihan warna pada fungsi estetika ini juga unik. Bagi pemilik yang ingin memperlihatkan kesan mewah, biasanya akan dipilih corak hitam emas atau warna tembaga. Sementara, bila mau menampilkan tema modern, ronanya berwarna netral.

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi pagar rumah yang dapat diketahui. Dengan majunya teknologi di jaman sekarang, tentu faktor tersebut makin berkembang untuk melindungi hunian dari hal kurang diinginkan. Hubungi Lasbali Jasa pembuatan pagar teralis bali.

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?