Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

5 Desain Konstruksi Baja dan Semacamnya untuk Rumah

23
04/2020
Kategori : jasa
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


5 Desain Konstruksi Baja dan Semacamnya untuk Rumah

Lasbali.com – Desain konstruksi baja dan semacamnya untuk sebuah bangunan terdapat banyak variasi. Namun, ketika akan memilih dan membuatnya tentu akan disesuaikan dengan nilai guna terlebih dahulu sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

Desain Konstruksi Baja dan Semacamnya

Membangun rumah atau sebuah bangunan lainnya sudah pasti akan memerlukan biaya besar serta tenaga kerja yang ahli. Begitu pula dengan desain konstruksi yang akan diterapkan haruslah dipersiapkan dengan matang supaya tidak kecewa di akhir.

Desain konstruksi bangunan seperti ini bisa Anda konsultasikan kepada ahlinya sebelum memulai pembangunan. Namun, memang alangkah baiknya mulai dari awal proses hingga akhir tetap menyertakan tenaga terampil.

Nah, desain-desain konstruksi baja untuk bangunan seperti ini bisa Anda buat dengan menggunakan material baja. Seperti yang telah diketahui bahwa bahan tersebut memiliki banyak keunggulan jika diaplikasikan untuk sebuah gedung daripada kayu.

Baca Juga : Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya

Desain Konstruksi Baja untuk Rumah

Bagi Anda yang sedang merencanakan proses pembangunan rumah ataupun bangunan komersial lainnya memang tepat jika menggunakan bahan baja. Sebelum membuatnya terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai desain konstruksi baja dan semacamnya, di antaranya:

1. Pondasi Bangunan

Layaknya fungsi pondasi sebuah bangunan yang digunakan untuk menopang dan pasti akan dibuat pertama kali. Ketika sebuah konstruksi bagian ini menggunakan baja, tentu akan memiliki banyak keunggulan.

Hanya saja jika membuat pondasi dari baja harus dibuat dudukan terlebih dahulu untuk bagian rangkanya. Biasanya bagian ini disebut pedestal yang tebuat dari beton dengan dilengkapi angkur-angkur baut supaya bisa disambung dengan baja.

2. Lantai Rangka Baja

Lantai dengan kerangka yang tebuat dari balok-balok baja ini umumnya menggunakan bondek sebagai struktur utamanya. Selain itu, penggunaan dengan cara ini ternyata sudah banyak diminati karena bisa menghemat kayu dan mudah dikerjakan.

Penggunaan rangka seperti ini bervariasi tergantung dari perhitungan struktur yang akan digunakan. Namun, umumnya menggunakan perpaduan besi wiemesh ataupun anyam manual dengan ukuran 8 mm atau 10 mm.

3. Kolom dan Rangka

Kolom dan rangka merupakan konstruksi utama yang menentukan bentuk akhir bangunan. Nantinya material-material tersebut akan saling mengikat hingga membentuk satu kesatuan struktur yang kokoh dan kuat.

Antar sambungan tersebut akan dihubungkan dengan baut. Dalam pembutannya pun tentu diperlukan perhitungan yang cukup rumit dan teliti untuk menentukan kekuatan hingga ketahanan konstruksi dalam menopang bangunan.

4. Panel Lantai

Panel lantai merupakan kerangka atau struktur pijakan yang akan dipasang beton ringan dengan ukuran 60 cm x 300 cm. Meskipun begitu Anda juga tetap bisa memilih ukuran yang sesuai keinginan asalkan masih sesuai dengan konstruksi yang ada.

Pemasangannya pun juga mudah karena sudah terdapat kerangkanya. Dalam atian balok-balok beton tersebut tinggal di letakkan di atas struktur dengan diberikan perekat khusus supaya lebih menempel kuat dan kokoh.

5. Profil Baja

Profil jenis baja menjadi hal terpenting untuk diperhatikan ketika akan membangun sebuah konstruksi. Bagian ini memiliki berbagai macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan kondisi bangunan yang akan dibuat.

Misalnya saja baja wide flange yang dikenal dengan baja H, I dan lainnya. Bentuk yang seperti ini secara umum digunakan untuk kerangka kolom, tiang, top and buttom cord dan sejenisnya.

Mengapa Memilih Konstruksi Baja?

Sebenarnya jika berbicara mengenai desain konstruksi baja alasan akan banyak sekali yang menjadi faktor penentu mengapa Anda harus menggunakan material ini untuk pembangunan. Misalnya saja karena baja ini tergolong bahan yang mudah dikerjakan atau dimodifikasi sehingga akan lebih menghemat waktu.

Dari segi harga juga demikian, yakni bisa dikatakan ekonomis. Sebab, material ini tergolong logam ringan yang banyak beredar dipasaran dengan harga terjangkau. Terlebih bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Maksudnya karena bahan ini pasti akan memiliki nilai jual kembali sehingga ketika suatu saat bangunan dibongkat tidak akan menjadi sampah. Konstruksi-konstruksi tersebut masih bisa dimanfaatkan dengan didaur ulang untuk menjadi barang baru.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik untuk membuat bangunan dengan desain konstruksi baja dan semacamnya? Hal wajar jika memikirkan kelebihan dan kekurangan sebelum memilih. Namun, bisa dipastikan bahwa material ini merupakan pilihan terbaik.

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?