Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi

23
04/2020
Kategori : Uncategorized
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi

Lasbali – Kelebihan dan kekurangan pintu besi sudah menjadi hal lumrah untuk dibahas. Apalagi jika Anda sedang mencari material untuk membuat bangunan rumah tampak sempurna dari segala sisi. Maka berikut ini penjelasannya:

Kelebihan Pintu Besi

Ketika membahas kelebihan dan kekurangan pintu besi tentu tak lepas dari hal-hal yang mneguntungkan bagi para penggunanya. Begitu pula dengan pintu besi, ia juga memiliki banyak keunggulan sehingga pantas untuk dipertimbangkan sebagai material bangunan, yaitu:

Baca Juga Artikel : Pintu Besi Minimalis 2 Pintu

1. Elegan dan Awet

Jika membahas kelebihan dan kekurangan pintu pagar besi yang menguntungkan pertama adalah elegan dan awet.Tak bisa dipungkiri memang jika meterial besi untuk pintu akan lebih awet jika dibandingkan dengan bahan lain terutama kayu. Pasalnya konstruksi yang terbuat dari ini akan tahan terhadap hewan-hewan pengganggu seperti rayap .

Selain itu, dari segi arsitektur jika dipadu padankan dengan bangungan rumah pintu berbahan besi akan nampak lebih elegan. Nilai estetika yang dimiliki akan memberikan tampilan cantik. Umumnya material seperti ini akan digunakan untuk bangunan-bangunan mewah maupun minimalis.

2. Mudah dimodifikasi

Keunggulan lainnya dari pintu yang berbahan besi adalah mudah dimodifikasi. Meskipun ia tergolong logam berat dan tebal, namun dengan pemanasan yang berarti akan mudah sekali untuk dibentuk maupun diberikan motif sesuai keinginan.

Memilih desain custom juga bisa menjadi pilihan terbaik. Secara umum bangunan yang sering menggunakan material ini adalah ruko dengan pintu lipat atau harmonika, pagar rumah dengan berbagai motif, pagar sebuah gedung dan masih banyak lagi.

3. Kuat

Bisa dipastikan pintu yang berbahan besi akan lebih kuat jika dibandingkan material lainnya. Ia tidak akan mudah rusak dengan benturan, dorongan ataupun lainnya. Bisa dikatakan juga jika menggunakannya, sebuah bangunan menjadi anti maling.

Ketebalan dan susah dirusak inilah yang membuatnya kuat dan awet sehingga cocok sekali jika digunakan untuk pintu sebuah bangunan. Selain itu, jika digunakan sebagai pagar bisa didesain dengan ujung runcing mirip mata tombak untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

4. Tidak Membutuhkan Banyak Tempat

Keunggulan dari pintu besi ini sebenarnya sangat cocok untuk segala kondisi dan fleksible. Terlebih untuk rumah minimalis atau dengan lahan sempit. Maka penggunaan material seperti ini akan menjadi pilihan terbaik.

Untuk tempat yang minimalis bisa disiasati dengan dilipat dan sejenisnya. Apalagi sifatnya yang mudah dibentuk dan tidak mudah rusak. Meskipun begitu Anda pun juga masih bisa membuatnya elegan meskipun lahan yang dimiliki kecil.

Kekurangan Pintu Besi

Kelebihan dan kekurangan pintu besi memang perlu diperhatikan supaya tidak kecewa ataupun rugi dimasa mendatang. Selain itu, hal ini juga penting untuk menentukan kostruksi sebuah bangunan.

1. Mudah Berkarat

Jika membahas kelebihan dan kekurangan pintu besi yang merugikan pertama adalah mudah berkarat. Meskipun terbilang sebagai material yang kuat untuk sebuah pintu bangunan, sayangnya material satu ini mudah berkarat. Dengan kata lain tidak cocok untuk cuaca ekstrim, seperti terkena hujan dan panas secara terus-menerus dan bergantian.

Sebab, kedua kondisi tersebut akan memperbesar peluang besi untuk berkarat karena adanya reaksi antara oksigen dengan air. Namun, tak perlu khawatir karena kekurangan seperti ini bisa diatasi salah satunya menggunakan pelapis atau pelitur khusus.

2. Butuh Perawatan

Jika membahas kelebihan dan kekurangan pintu besi yang kurang menguntungkan selanjutnya ialah butuh perawatan. Pintu dengan material besi memang membutuhkan perawatan khusus secara berkala untuk menghindari kerusakan jangka panjang. Terdengar merepotkan memang, karena harus mengeceknya sekali tempo, apalagi bagi yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Namun, dengan melihat kondisinya yang demikian, maka kurang lebih 5 tahun saja material ini akan rusak jika dibiarkan tidak terawat. Sebenarnya perawatannya pun juga bisa dibilang mudah, karena hanya cukup mengelapnya saja atau sekali waktu memperbaruhi cat pelapisnya.

3. Lebih Mahal

Jika berbicara mengenai harga tentu akan menjadi sebuah pertimbangan matang bagi siapa saja. Tak terkecuali dengan pintu besi ini, karena ia juga digolongkan sebagai material dengan biaya yang lumayan menguras kantong.

Namun, jika dilihat dari sisi kelebihan yang dimiliki jika dibandingkan material lain, bisa saja uang bukan lagi menjadi masalah. Meskipun setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda, dan mahal murahnya sebuah harga adalah relatif.

Itulah mengenai kelebihan dan kekurangan pintu besi. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang akan merencanakan atau sedang mengerjakan proyek pembangunan sebuah rumah maupun bangunan lainnya.

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?