Marketing : 081236731267 Email : hallo@lasbali.com :
Lasbali.com – Bengkel Las dan Konstruksi Baja di Bali
SHARE :

Hal Tentang Konstruksi Baja Ringan untuk Lantai 2

23
04/2020
Kategori : Uncategorized
Komentar : 0 komentar
Author : bali branding Media


Hal Tentang Konstruksi Baja Ringan untuk Lantai 2

Lasbali – Untuk membuat struktur bangunan bertingkat yang kuat, para kontraktor kini lebih sering menggunakan konstruksi baja ringan untuk lantai 2. Inovasi baru tersebut, dijadikan sebagai alternatif pengganti dari rangka kayu atau beton cor.

Keunggulan dari Penggunaan Konstruksi Baja Ringan

Baja ringan memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya dijadikan sebagai alternatif pengganti dari material kontruksi sebelumnya. Berikut adalah bebera kelebihan dari bahan satu ini :

1. Memperpercepat Proses Pengerjaan Kerangka Bangunan

Ketika Anda membuat kerangka bangunan menggunakan beton cor, pasti durasi pengerjaan yang dibutuhkan relatif lebih lama. Hal ini disebabkan karena material tersebut membutuhkan cukup banyak waktu untuk proses pencetakan dan pengeringannya.

Baca Juga : Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya

Sedangkan, jika Anda memilih menggunakan konstruksi baja ringan, pengerjaan kerangka bangunan akan menjadi lebih mudah, cepat, praktis, dan efektif. Sebab, material satu ini tidak membutuhkan proses pencetakan dan pengeringan yang memakan waktu.

2. Lebih Menghemat Biaya Pembangunan

Penggunaan bahan konstruksi baja ringan membuat proses pengerjaan lebih praktis, cepat, dan efektif. Hal tersebut tentunya dapat menekan beberapa biaya pembangunan seperti gaji tukang, dan tambahan material.

Penggunaan baja ringan dapat mengurangi pemborosan pembelian berbagai macam material seperti seperti kayu dan paku untuk tiang-tiang atau kerangka mahal yang terbuat dari beton cor.

3. Memiliki Konstruksi yang Kuat

Berdasarkan kalkulasi cermat dan standard bangunan yang berlaku, baja ringan memiliki kekuatan konstruksi baja ringan yang sama dengan beton cor. Jadi, meskipun terlihat lebih ringan , kualitas daya tahan dari material satu ini sudah cukup mumpuni.

Hal istimewa lain dari baja ringan yaitu, memiliki sifat anti karat, rayap, dan keropos. Hal tersebut membuat bahan konstruksi tersebut menjadi semakin lebih kuat serta tahan lama.

4. Dapat Mengurangi Beban Struktural pada Bangunan

Karena sifatnya yang lebih ringan daripada kerangka beton cor, material satu ini dapat berfungsi untuk mengurangi beban struktural pada bangunan penopangnya. Hal ini tentu saja dapat membuat gedung bertingkat menjadi lebih kuat

Sebagai produk material pabrikan, baja ringan juga telah melewati proses quality control. Hal tersebut membuat bentuk dan ukurannya lebih seragam dan presisi.

5. Bisa Menjadi Salah Satu Investasi Material Bangunan

Selain beberapa keunggulan di atas, dari sisi lain baja ringan dapat dijadikan sebagai salah satu investasi material bangunan. Apabila 10 atau 20 tahun lagi Anda ingin membongkar atau mengganti konstruksi rumah dengan model baru, maka bahan bekas tersebut dapat dijual kembali.

Baja ringan bekas memiliki harga cukup tinggi di pasaran. Hal ini tentu saja dapat mendatangkan peluang keuntungan, daripada penggunaan material lain seperti beton cor yang justru membuat Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk pembongkaran dan pembuangan puing-puingnya,

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pemasangan Baja Ringan Untuk Bangunan Bertingkat

Pemasangan kerangka material ini membutuhkan beberapa teknik khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memasang konstruksi baja ringan untuk lantai 2 :

1. Pastikan Desain Bangunan Mendukung Konstruksi Baja

Untuk memastikan bahwa desain mendukung penggunaan baja ringan, lengkapi gambar kerja bangunan dengan desain 3D, fungsinya agar struktur terlihat lebih jelas dan presisi. Selanjutnya, lakukan juga beberapa perhitungan konstruksi secara tepat.

2. Siapkan dan Periksa Semua Bahan

Sebelum proses pemasangan, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan konstuksi seperti pelat, profil, baut dan lain sebagainya, sesuai dengan dimensi dan jumlah pada gambar. Setelah itu, periksa kerataan, kesikuan, dan kelurusan dari material-material tersebut.

3. Rakitlah Struktur Dasar Bangunan Sesuai Rancangan

Setelah semua bahan siap, maka rakit elemen atau rangkaian modul-modul pada dasar bangunan sesuai rancangan. Lakukan proses pemasangan dan pengelasan konstruksi baja dengan ketelitian tinggi.

4. Kerjakan Bidang-Bidang Tertutup dari Bangunan Dengan Teliti

Selepas dasar bangunan selesai, kini saatnya untuk melakukan pemasangan baja pada lantai atas, atap, dinding, dan juga plafon. Kerjakan beberapa proses konstruksi tersebut bersamaan dengan instalasi elektrikal dan jaringan utilitas lainnya.

Itulah beberapa informasi tentang konstruksi baja ringan untuk lantai 2. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk memakainya.

Berita Lainnya

23
04/2020
5 Model dan Harga Pintu Lipat Besi Hollow
Author : bali branding Media
23
04/2020
Kelebihan dan Kekurangan Pintu Besi
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Cara Membuat Konstruksi Baja dan Memasangnya
Author : bali branding Media
23
04/2020
23
04/2020
Model Pintu Besi Klasik
Author : bali branding Media


Tinggalkan Komentar

× Order Apa?